• Menu

    Copyright © BeningAti - Berbagi Ide, Menyatukan Hati
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    Raih keharmonisan dengan senyum menawan


    Kebersamaan, rasa saling memiliki, saling berbagi apalagi saling mengucapkan kata sayang antara orangtua dan anaknya ternyata tidak selalu hadir di setiap keluarga. Banyak sekali anak bermasalah disebabkan karena  tidak adanya komunikasi yang menyenangkan diantara anggota keluarga. Hubungan antar orang dalam rumah seringkali berlangsung secara kaku, bahkan sekedar menyapa dengan senyuman menjadi hal yang cukup susah untuk dilakukan. Akibatnya masing-masing anggota keluarga mencari hubungan sosial ke luar untuk memenuhi kebutuhan berkomunikasi. Karena setiap orang membutuhkan perhatian dari orang lain.
    Kondisi seperti itu akan semakin buruk ketika ego masing-masing sangat kuat, tidak ada yang mau memulai untuk mencairkan suasana. Apalagi jika saling menyalahkan tentu akan memperparah keadaan. Padahal belum tentu ada persoalan serius yang terjadi.
    Siapa yang kemudian harus mengawali untuk melakukan perubahan ?. Semua orang di keluarga mempunyai kewajiban mencari upaya terbaik menyelamatkan keharmonisan keluarga. Paling mudah memulai dari diri sendiri tanpa menuntut anggota keluarga yang lain untuk merubah sikap. Kenapa tidak setiap pagi hari menjelang sapa keluarga dengan senyum lebar dan tunjukkan kegembiraan. Tidak perlu harus membuat teh hangat untuk semua orang, walaupun dalam momen tertentu bisa saja dilakukan.
    Berikan suasana baru dari diri sendiri. Pasti akan terasa aneh untuk pertamakali, berat dan kaku. Namun jika dilakukan tiap hari pasti keanehan itu akan hilang, kekakuan berubah menjadi nyaman. Berikutnya, anggota keluarga yang lain akan merasakan hangatnya suasana dan tanpa terasa semua berubah menjadi lebih baik.


    Oleh : M Anantiyo Widodo (Trainer, konsultan dan direktur di REFRESH Training & Consulting Institute sekaligus konsultan di Temanggung Family Center / lihat profil
    #Motivasi
    anantiyo 06 September 2020 Last Updated 2020-09-06T13:33:36Z
    Komentar

    Tampilkan