• Menu

    Copyright © BeningAti - Berbagi Ide, Menyatukan Hati
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    Dari Masjid Menuju Kemenangan


    Berawal dari kisah kawan-kawan saya yang tinggal di masjid ketika menyelesaikan studinya, saya melihat bahwa dari aktifitas mengelola masjid itulah mereka kemudian menapaki hidup dengan beragam kemudahan. Sebagian besar kawan-kawan saya tersebut berasal dari keluarga biasa saja secara ekonomi, barangkali factor inilah yang menjadi salah satu pendorong mereka untuk tinggal di masjid. Namun tentunya ada factor lain yang lebih kuat dari sekedar hal itu. Sebab tinggal di masjid bukanlah perkara yang gampang, banyak sekali kewajiban yang harus dilakukan. Bangun lebih awal, harus memberihkan setiap sudut masjid hingga lingkungan luar, adzan tiap waktu sholat hingga menjadi imam, tentunya membutuhkan kedisiplinan yang kuat. Dari rutinitas itulah lahir sosok-sosok manusia tegar, kuat dan mampu menata hidupnya.

    Allah SWT berfirman dalam surat At Taubah ayat 18 sebagai berikut : “hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan Termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk”.
    Dari surat At Taubah ayat 18 tersebut dikatakan bahwa orang-orang yang memakmurkan masjid Insya Allah akan diberikan petunjuk oleh Allah SWT. Petunjuk yang dimaksud tentunya petunjuk untuk melangkah menuju kebaikan, menuju kemenangan hakiki dalam hidup kita.

    Bagaimana kira-kira kehidupan manusia yang selalu diberi petunjuk oleh Allah SWT ?

    Dalam setiap sholat kita selalu meminta petunjuk Allah SWT, kita berdoa “Tunjukilah Kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat” (QS Al Fatihah 6-7).

    Setiap orang yang diberikan petunjuk oleh Allah SWT akan mampu mengelola hidupnya dengan baik. Sebab ia akan merasakan kenikmatan dalam beragam aktifitas kehidupan. Tentunya kenikmatan itu berawal dari nikmat iman yang terasa dalam setiap helaan nafas yang dipenuhi dengan ungkapan syukur kepadaNya.

    Semoga kita semua dapat memakmurkan masjid dengan memperbanyak amal ibadah didalamnya dan Allah menempatkan kita menjadi sosok manusia yang diberikan petunjuk serta bisa melaksanakan petunjuk itu dengan sebaik-baiknya. Amin

    M. Anantiyo Widodo
    Pengurus Masjid al Muttaqin Desa Kedungumpul
    #Motivasi Islam
    anantiyo 06 September 2020 Last Updated 2020-09-08T10:05:04Z
    Komentar

    Tampilkan